Tanggapan PT Jasa Angkasa Semesta Tbk Terkait Peristiwa Batik Air & Transnusa

Pada hari Senin, tanggal 4 April 2016, sekira pukul 2000 WIB telah terjadi peristiwa insiden penerbangan di bandar udara Halim Perdanakusuma Jakarta, yang melibatkan pesawat TransNusa dengan pesawat Batik Air. Pada saat peristiwa terjadi, pesawat tipe ATR 72 TransNusa tengah ditarik dalam proses pemindahan tempat parkir, sedangkan pesawat B737-800 Batik Air sedang dalam proses tinggal landas. Kedua pesawat bersinggungan sehingga mengakibatkan kerusakan struktural pada kedua pesawat. Tidak ada korban jiwa, baik meninggal maupun cedera dalam kecelakaan ini.

Pihak yang tengah menarik pesawat TransNusa adalah PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS), yaitu perusahaan ground handling yang menangani penerbangan TransNusa. Pihak otoritas tengah melakukan proses investigasi atas peristiwa ini, dan akar penyebab terjadi kecelakaan ini belum dapat disimpulkan.

Sebagai perusahaan ground handling pemegang sertifikasi IATA Safety Audit for Ground Operation (ISAGO), kami senantiasa berupaya untuk tunduk dan patuh pada setiap aturan operasional yang berlaku dalam lingkup domestik maupun internasional. Oleh karena itu, kami menyerahkan proses investigasi ini kepada pihak yang berwenang dan akan tunduk pada hasil investigasi dan rekomendasi yang dihasilkan dalam proses ini.

Kami turut prihatin atas terjadinya insiden penerbangan ini, dan kami menghormati serta bertanggung-jawab atas rekomendasi dan kesimpulan tim investigasi,serta ketetapan pihak Regulator/Pemerintah. Selain itu, kami juga berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan sistem prosedur operasi sehingga peristiwa yang sama dapat dihindari di masa mendatang.

-selesai-

By | April 5, 2016 | News
3.80.5.103